Langsung ke konten utama

Memori Sebelas Tahun Lalu



Sebelas tahun yang lalu, saat aku duduk di kelas 4 SD. Untuk pertama kalinya aku menginjakkan kaki di Sekolah Luar Biasa, sekolah khusus untuk penyandang disabilitas. Mungkin banyak kaum awam kurang mengenal istilah kata disabilitas. Kata serapan yang berasal dari Bahasa Inggris, dis yang berarti tidak dan ability yang berarti mampu. Jika digabungkan disability yaitu ketidakmampuan. Kata disabilitas lebih ramah terdengar di telinga dibandingkan kata penyandang cacat. Hhm, aku rasa kalian juga akan berpikir demikian.
Sebelas tahun yang lalu, aku bersama siswa dari sekolah dasar lainnya di Kota Jambi diberi waktu tiga hari untuk mempelajari tarian yang nantinya akan dilombakan yaitu Tari Zapin dan Tari Sekapur Sirih. Aku bersama tiga orang temanku mewakili sekolah untuk ikut serta.
Sekolah ini dulunya berada di tepi Danau Sipin (sekarang sudah menjadi Fakultas Kedokteran Universitas Jambi). Sekarang sekolah yang baru terletak tidak terlalu jauh dari sekolah yang lama. Pertama kali memasuki sekolah ini, memang berbeda dengan sekolah pada umumnya. Ruang kelasnya tidak sebesar ruang kelas sekolahku karena menampung jumlah siswa yang berbeda juga. Di sekolah ini juga ada ruang hasil kerajinan tangan siswa. Aku tak menyangka, mereka dapat membuat berbagai barang kerajinan tangan yang apik nan cantik. Memang segala sesuatu itu memiliki kekurangan dan juga kelebihan. Aku bersama beberapa orang teman sempat berkeliling, tetapi aku tidak terlalu ingat karena sudah sebelas tahun berlalu. Memoriku sedikit melupakan hal itu. Namun, ada satu hal yang aku ingat sampai sekarang.
Aku bersama siswa lainnya berlatih di aula yang sangat besar. Bahkan bisa 2-3 kali ruang kelas di sekolahku. Saat hari pertama, aku mendapat tempat di barisan terakhir. Di sebelahku, ada seorang gadis. Rambutnya sebahu, wajahnya cantik. Aku mengenalnya sebagai siswa SLB dari seragam olahraga yang ia kenakan. Ia tersenyum padaku, aku pun membalas senyumnya.
Saat istirahat, aku menghampirinya dan mengajak berkenalan bersama teman-temanku.
“Hai,” sapaku. Ia hanya tersenyum dan mengangguk.
Ia kemudian memakai bahasa isyarat, dari situlah aku baru tahu kalau dia ternyata seorang tuna rungu. Sepertinya ia sangat senang aku dan teman-temanku mau berkenalan dengannya. Hari pertama hanya berlangsung sampai di situ.
Hari selanjutnya, aku dengan sengaja membawa Majalah Bobo ke sana. Selain karena istirahat yang lama, pulang dari latihan juga akan terasa lama menunggu jemputan, jadi aku putuskan untuk membawa majalah kesayanganku itu. Saat istirahat, aku langsung membaca majalah tersebut. Tak lupa aku mengajak teman-temanku untuk ikut membaca. Saat itu aku melihatnya sedang sendirian, aku ajak saja dia ikut serta. Ternyata dia suka dengan gambar-gambar di Majalah Bobo itu. Aku senang bisa membuat wajahnya kelihatan bahagia. Ada sesuatu yang ku rasa berbeda hari itu, bisa berbagi kebahagiaan meski hanya lewat sebuah bacaan.
Hari ketiga, aku lumayan bingung untuk berkomunikasi dengannya. Ternyata bukan hanya aku saja. Kak Happy dan Zela juga demikian, karena kami tak mengerti bahasa isyarat. Di hari terakhir itu kami akhirnya melakukan sesuatu yang tak kami rencanakan sebelumnya. Kalian tahu apa? Aku bersama Kak Happy dan Zela serta Icha (aku lupa apakah Icha juga ikut) mengumpulkan uang jajan kami. Uang yang terkumpul sekitar delapan ribu rupiah, nominal yang cukup banyak untuk ukuran anak SD sebelas tahun yang lalu.
Setelah selesai latihan, aku bersama Kak Happy naik ke teras atas, Zela memanggil sahabat difabel kami itu untuk ikut naik ke teras atas. Aku mengeluarkan pena dan menulis di halaman terakhir bukuku.
Hai, namaku Ade Agustina Fahria. Boleh tidak aku berkenalan denganmu?
Dia kemudian menulis
Boleh
Selanjutnya Kak Happy dan Zela yang masing-masing menuliskan namanya di halaman buku tersebut. Dan dia juga menuliskan namanya. Tapi, aku lupa. Namanya Santi, Sinta atau Sita. Atau mungkin juga tidak ketiganya.
Akhirnya, kami saling kenal. Seingatku saat itu ia duduk di kelas 5 SD, berarti seusia Kak Happy.  Lalu aku, Kak Happy dan Zela memberikan uang yang kami kumpulkan kepadanya. Dia menerimanya dengan sangat senang. Perasaan bahagia tampak terpancar dari wajahnya. Sebenarnya, aku memberikan ini bukan tanpa alasan. Aku pernah berbincang dengan ibunya, ternyata rumahnya jauh sekali dari sekolah ini, ia dan ibunya pergi dan pulang sekolah naik angkot. Seingatku rumahnya di daerah Kenali, perlu dua kali naik angkot untuk mencapai sekolah tersebut. Setelah itu kami turun sambil tertawa bersama.
Sungguh pengalaman yang sangat berharga bagiku. Walaupun pada akhirnya aku tak sempat mengikuti lomba tari itu, perkenalan dengan teman disabilitasku adalah suatu hal yang sangat berharga. Terlebih bisa berbagi kebahagiaan dengan mereka. Sekarang, aku tak tahu ia berada dimana. Sejak saat itu aku tak pernah bertemu dengannya lagi. Semoga kamu baik-baik saja teman, aku akan selalu mengingatmu, meski memori otak ini sedikit luntur dengan memori baru yang hadir. :)


Komentar

  1. TOKO PUSAT ELETRONIK
    MenawarKan Produk asli dan bergaransi :
    Harga Promo Stok barang terbatas
    ALAMAT TOKO.Jl.Kh.Hasim Asarhi no.125 sentral jkarta10150.
    Kami Melayani pengiriman di seluruh indonesia melalui via TIKI/JNE
    Spesifikasi : Layar 5" TFT Touchscreen, Android 4.1 Jelly Bean, Kamera 8MP, Dual Core 1.2 GHz Cortex A5, RAM 1GB, Dual SIM, Baterei 2100mAh
    Samsung Galaxy Note 3 N900
    Harga Baru Rp 4.650.000

    Spesifikasi : Layar 5.7" Super AMOLED Touchscreen, Android 4.3 Jelly Bean, Kamera 13MP, Quad Core 1.9 GHz Exynos 5 Octa Cortex A15, RAM 3GB, Single SIM, Baterei 3500 mAh
    Samsung Galaxy Note 2 N7100
    Harga Baru Rp 3.950.000

    Spesifikasi : Layar 5.5" Super AMOLED Touchscreen, Android 4.1 Jelly Bean, Kamera 8MP, Quad Core 1.6 GHz Exynos 4412 Cortex A9, RAM 2GB, Single SIM, Baterei 3100 mAh
    Samsung Galaxy S4 Mini I9190
    Harga Baru Rp 3.500.000

    Spesifikasi : Layar 4.3" Super AMOLED Touchscreen, Android 4.2 Jelly Bean, Kamera 8MP, Dual Core 1.7 GHz Snapdragon, RAM 1.5 GB, Single SIM, Baterei 1900 mAh
    Samsung Galaxy S4 Active
    Harga Baru Rp 3.500.000

    Spesifikasi : Layar 4.9" TFT Touchscreen, Android 4.2 Jelly Bean, Kamera 8MP, Quad Core 1.9 GHz Snapdragon, RAM 2 GB, Single SIM, Baterei 2600 mAh
    Samsung Galaxy S4 Zoom SM-C101
    Harga Baru Rp 3.500.000

    Spesifikasi : Layar 4.3" Super AMOLED Touchscreen, Android 4.2 Jelly Bean, Kamera 16MP, Dual Core 1.5 GHz Cortex A9, RAM 1.5 GB, Single SIM, Baterei 2330 mAh
    Samsung Galaxy S4 I9500
    Harga Baru Rp 3.750.000



    Spesifikasi : Layar 3" TFT Touchscreen, Android 4.1 Jelly Bean, Kamera 2MP, Dual Core 1 GHz Cortex A5, RAM 512MB, Dual SIM, Baterei 1200mAh
    Samsung Galaxy Ace 3 GT-S7270
    Harga Baru Rp 1.500.000

    Spesifikasi : Layar 4" TFT Touchscreen, Android 4.2 Jelly Bean, Kamera 5MP, Dual Core 1 GHz Cortex A9, RAM 1GB, Single SIM, Baterei 1500 mAh
    Samsung Galaxy Core Duos I8262
    Harga Baru Rp 1.599.000

    Spesifikasi : Layar 4.3" TFT Touchscreen, Android 4.1 Jelly Bean, Kamera 5MP, Dual Core 1.2 GHz Cortex A5, RAM 1GB, Dual SIM, Baterei 1800 mAh
    Samsung Galaxy Mega 6.3 I9200
    Harga Baru Rp 2.000.000

    Spesifikasi : Layar 6.3" SC-LCD Touchscreen, Android 4.2 Jelly Bean, Kamera 8MP, Dual Core 1.7 GHz Snapdragon, RAM 1.5GB, Single SIM, Baterei 3200 mAh
    Samsung Galaxy Mega 5.8 I9152
    Harga Baru Rp 1.450.000

    Spesifikasi : Layar 5.8" TFT Touchscreen, Android 4.2 Jelly Bean, Kamera 8MP, Dual Core 1.4 GHz, RAM 1.5GB, Dual SIM, Baterei 2600 mAh
    Samsung Galaxy Young S6310
    Harga Baru Rp 850.000

    Spesifikasi : Layar 3.27" TFT Touchscreen, Android 4.1 Jelly Bean, Kamera 3.15MP, Dual Core 1 GHz Cortex A5, RAM 768MB, Single SIM, Baterei 1300 mAh
    \ Samsung Galaxy Fame S6810
    Harga Baru Rp 750.000

    Spesifikasi : Layar 3.5" TFT Touchscreen, Android 4.1 Jelly Bean, Kamera 5MP, Dual Core 1 GHz Cortex A5, RAM 512MB, Single SIM, Baterei 1300mAh
    Samsung Galaxy Grand I9082
    Harga Baru Rp 2.150.000

    Spesifikasi : Layar 5" TFT Touchscreen, Android 4.1 Jelly Bean, Kamera 8MP, Dual Core 1.2 GHz Cortex A5, RAM 1GB, Dual SIM, Baterei 2100mAh
    Samsung GALAXY Tab 2 7.0 P3110 Harga Baru Rp.2.150.000
    Samsung Galaxy Tab 3 7.0 T211 Harga Rp 3.175.000
    Samsung Galaxy Tab 3 8.0 T311 Harga Rp 3.950.000

    Blackberry Z10 Hitam Dan Wite Harga Rp.3.299.000
    Blackberry Q5 Full Set Rp.2.450.000
    BLACKBERRY TORCH 9800 WHITE Rp 1.600.000
    BLACKBERRY PORSCHE DESIGN P9981 5.000.000
    BLACKBERRY CURVE 9380 Rp 1.250.000

    APPLE IPHONE 5S 64 GB Rp 3.800.000
    APPLE IPHONE 5S 32 GB Rp 3.350.000
    APPLE IPHONE 5S 16 GB Rp 2,500.000

    CARA Pesan online
    HP. PIN BB:24C19401
    HUB:085310120333

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanggung Jawab Tak Kasat Mata

Dewan Perwakilan Daerah. Waw ! Banyak hal yang ingin saya lakukan seandainya saya menjadi anggota DPD RI. Menurut saya, kursi DPD bukan sebuah kursi biasanya. Bukan hanya kursi yang diperebutkan orang sehingga menjadi prestige . Bukan pula kursi yang dijadikan sebagai ajang pemegang kekuasaan. Ini kursi DPD, jika saya mendudukinya maka saya harus mempersiapkan diri untuk memikul tanggung jawab yang dibebankan di bahu saya. Harapan yang bertumpuk-tumpuk, ada tetapi tidak kasat mata. Secara perlahan semoga yang saya lakukan menjadi kenyataan. Semua impian dan harapan rakyat akan saya pikul selama lima tahun. Malu rasanya jika saya nanti menjadi anggota DPD, tetapi selama lima tahun saya tidak dapat memberikan sumbangsih apa-apa terhadap daerah saya. Oke, sebelumnya saya akan menjelaskan secara singkat tentang DPD. DPD adalah dewan perwakilan daerah yang berkewajiban untuk memperhatikan upaya peningkatan kesejahteraan rakyat serta menyerap, menghi

2012 di Kenang, 2013 Harapan

Hari bisa dihitung dengan jari untuk meninggalkan tahun Naga Air, 2012. Tak terasa   11 bulan lebih telah berlalu. Lalu, apa yang kudapat selama setahun ini? Hmm. Banyak. Sebenarnya aku tak punya resolusi bulat akan melaksanakan apa saja dari tahun sebelumnya. Sebagian memang tercapai, tetapi belum sepenuhnya. Salah satu yang ku ingat tercapai yaitu bisa KKN di liburan semester genap. Mengapa? Karena dengan melaksanakan KKN tematik saat liburan, aku berkesempatan untuk lulus lebih cepat, yaitu 3 tahun 8 bulan. Hal ini pasti akan membuat ibuku bangga. * wish I get it fast * Tahun ini menurutku tidak terlalu menyenangkan, setelah resign dari tempat kerja sebelumnya, aku sempat bekerja sebagai staff administrasi di salah satu toko komputer di mall di bulan Januari-Februari. Cuma satu bulan? Iya, karena aku sibuk dan mall ini lumayan jauh dari rumahku, belum lagi masalah akademik kuliah yang harus aku selesaikan. FYI, sejak masuk kuliah, aku sudah kerja part-time . Ya lumayan bua

Friendship

    Ini teman-teman aku waktu SMA. Foto di atas adalah editan Leny Zulfa. Thanx for fotonya, Eren (Leny Zulfa, red ). Emang ada unsur-unsur Harry Potter-nya gitu, karena dia suka sama Harry Potter. Kelihatannya jadi klasik gimana gitu, aku suka banget sama foto ini. Soalnya, di foto ini yang masuk bukan hanya kelas 3 unggul, tapi semua orang yang pernah menginjakkan kaki di kelas unggul angkatanku. Kecuali Yogi, karena ada sesuatu dan lain hal (apa sih de?) . (¬_¬)      Kalo yang ini foto kelas, waktu kita baru masuk kelas 3 tahun 2008 lalu. FYI, foto ini masih ada di perpus SMA Negeri 5 Kota Jambi loh. :) Nice Picture, guys. Dari kiri ke kanan, atas ke bawah : Delima, Widi, Eva, Lia, Nelisa, Angie, Ridho, Icha, Rully, Friska, saya (^_^), Ika, Dina, Windri, Tatiana, Chellin, Lady, Riza, Dewi, Leny, Our Papi Mr. Sudarmono, Tiya', Evy, Gebi, Desti, Silvi, Taufik, Adek, Ardi, Anggiat, Candro, Winda, Ralpi, dan Sasa.      AUTIS itu singkatan dari Anak Unggul Tiga Ipa