Langsung ke konten utama

Tanggung Jawab Tak Kasat Mata



Dewan Perwakilan Daerah. Waw ! Banyak hal yang ingin saya lakukan seandainya saya menjadi anggota DPD RI. Menurut saya, kursi DPD bukan sebuah kursi biasanya. Bukan hanya kursi yang diperebutkan orang sehingga menjadi prestige. Bukan pula kursi yang dijadikan sebagai ajang pemegang kekuasaan. Ini kursi DPD, jika saya mendudukinya maka saya harus mempersiapkan diri untuk memikul tanggung jawab yang dibebankan di bahu saya. Harapan yang bertumpuk-tumpuk, ada tetapi tidak kasat mata. Secara perlahan semoga yang saya lakukan menjadi kenyataan. Semua impian dan harapan rakyat akan saya pikul selama lima tahun. Malu rasanya jika saya nanti menjadi anggota DPD, tetapi selama lima tahun saya tidak dapat memberikan sumbangsih apa-apa terhadap daerah saya.
Oke, sebelumnya saya akan menjelaskan secara singkat tentang DPD. DPD adalah dewan perwakilan daerah yang berkewajiban untuk memperhatikan upaya peningkatan kesejahteraan rakyat serta menyerap, menghimpun, menampung dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat dan daerah. Jadi, seandainya saya menjadi anggota DPD RI , maka saya adalah salah satu orang yang menjadi harapan rakyat untuk perbaikan daerah saya.
Provinsi Jambi, daerah asal saya, merupakan provinsi dengan tingkat pertumbuhan ekonomi tertinggi di Sumatera sebesar 9,1 %. Apakah semua daerah di Jambi hingga pelosok-pelosok juga demikian? Jawabannya tidak. Masih banyak desa-desa terpencil yang membutuhkan bantuan. Tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi bukan jaminan bahwa kesejahteraan rakyat merata.
Seperti yang kebanyakan orang lain inginkan, saya juga ingin menciptakan pendidikan yang layak. Banyak anak-anak di daerah yang pendidikannya tak layak, seperti tidak tersedianya buku-buku penunjang, gedung sekolah yang rusak serta kurangnya tenaga pengajar. Bahkan di beberapa daerah, guru merangkap sebagai kepala sekolah. Saya sangat mendukung mutasi tenaga pengajar dari kota ke daerah sebagai solusi dari tidak meratanya guru-guru di kota dan daerah.
Hal lain yang saya lakukan adalah menggerakkan sektor pariwisata dengan mempromosikan Festival Danau Kerinci serta Pulau Berhala untuk menarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Diharapkan nantinya terjadi peningkatan ekonomi dengan kunjungan wisatawan-wisatawan tersebut.
Dalam bidang kesehatan, saya akan mengajukan rencana untuk mendistribusikan dokter-dokter berpengalaman untuk melayani masyarakat di daerah-daerah terpencil yang kurang pengetahuan akan bidang kesehatan.
Saya juga akan mengajukan rencana untuk mengeluarkan peraturan setaip 20 meter harus ada pohon sebagai tempat berteduh. Hal ini akan berdampak positif pada kenyamanan masyarakat mengingat jumlah pohon yang semakin berkurang tiap harinya.
Mempromosikan batik dan menggunakan batik Jambi juga perlu. Kita harus bangga dengan batik yang kita miliki. Batik Jambi harus jadi tuan rumah di negeri sendiri. Dengan demikian, pengrajin batik tidak akan hilang ditelan zaman.
Banyak lagi hal yang ingin saya utarakan jika saya menjadi anggota DPD. Tetapi, saat ini saya hanya mengandaikan. Mungkin semuanya bisa berubah jika saya benar-benar menduduki posisi itu. Kita harus berterimakasih karena telah dipilih menjadi orang yang dipercaya mengemban tugas ini. Harapan rakyat itu jangan dijadikan beban, tetapi jalanilah dengan ikhlas. Segala sesuatu yang dijalani dengan ikhlas tidak akan menjadi beban dan akan membuahkan hasil yang baik. Toh, ini untuk kepentingan kita bersama.


“...
Yang namanya jagoan
Harus membela yang lemah
...
Yang namanya jagoan
Harus rela berkorban
...
Jadi, anggota DPD itu seperti jagoannya rakyat kecil. :)


Komentar

  1. yg paling diharapkan adalah penanaman pohon setiap 20 m. beneran, kak. jambi panas banget. :/

    BalasHapus
  2. akan lebih indah jika sebagian besar 50% jatah gaji DPR buat rakyat yg kurang mampu, atau menambah modal usahal rakyat. :)

    BalasHapus
  3. Bagus dek Blog nya.. terus berkarya :D

    BalasHapus
  4. kak amir ya??
    makasiih.
    dukung terus ya.. :)

    BalasHapus
  5. WAH . .keren nih, baca2 ah..
    lanjutin dong postingnya, keren nih..
    kunjung blog gue ya.. :P

    BalasHapus
  6. kamu anak jambi juga?
    aku lihat di blog kamu ada foto di keiko ya?
    kamu suka main ke keiko ya?

    BalasHapus
  7. makasii, foto kamu ni.
    waktu di padang . :)

    BalasHapus
  8. Cita-Cita yang bagus dan penuh inspirasi....

    Tapi setelah u menjadi DPD pasti akan tau seperti ap itu DPD yang sebenarnya, karna dengan peraturan yang mengatur tugas dan wewenang DPD yang sekarang tidak lebih dari sekedar omongkosong belaka, karna smuanya masih tergantung kepada anggota DPR RI untuk menyutujui nya karna kebenyakan dari anggota DPR RI itu lebih mementingkan kepentingan patainya dan partai itu banyak yang di dominasi oleh para pengusaha yang mendanainya, sehingga sebagus apapun kamu mengajukan peraturan UU apabila itu akan merugikan para pengusaha di daerah maka UU itu tidak akan pernah di setujui, kecuali DPD dapt membentuk dan mengesahkan UU sama halnya seperti DPR RI, tidak hanya sebagai pengawas dan pemberi saran untuk DPR RI mengenai peraturan di daerahnya.... (DPD itu hanya seperti pelengkap dalam suatu penderitaan saja)

    kalau saya sarankan sebaiknya ade menjadi anggoa DPR RI aja dan provokasi para anggota DPR RI untuk mensejajarkan DPD dengan DPR dalam menetukan Peraturan di daerahnya masing-masing agar lebih fleksibel dalam membuat peraturan UU agar dapat sejalan dan selaras dengan perkembangan masyarakat saat ini...

    :D

    BalasHapus
  9. terimakasiih,
    makanya saya blg "mungkin semuanya akan berubah saat saya benar-benar menduduki posisi itu" krn saya sendiri sebenarnya tidak tahu bagaimana DPD RI itu. :)
    makasii ya sarannya. :)
    kelihatannya yg comment ini bener2 anak hukum, ya?
    kalo saya bener2 gak tau politik. :)

    BalasHapus
  10. Mantap tulisannya...
    dirajinin biar terkenal blognya...
    siapa tw bisa jadi blogger terkenal...
    \o/

    BalasHapus
  11. Jika ada niat, pasti ada jalan,,,

    Backlink + Back Komentar dong,,,

    Nuwun,,,

    BalasHapus
  12. @ifqo : makasii udh comment di blog saya.
    maksudnya backlink apa yah? maklum, saya baru jadi dunia blog. :D

    BalasHapus
  13. Nice posting. .
    .. Dtunggu tulisan selanjutnya..

    Main2 ke blog aku yo.. Hehehe

    BalasHapus
  14. makasii..
    aku udh follow blognya.
    follow blog aku jg dong.
    sama-sama d jambi 'kan??
    :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

2012 di Kenang, 2013 Harapan

Hari bisa dihitung dengan jari untuk meninggalkan tahun Naga Air, 2012. Tak terasa   11 bulan lebih telah berlalu. Lalu, apa yang kudapat selama setahun ini? Hmm. Banyak. Sebenarnya aku tak punya resolusi bulat akan melaksanakan apa saja dari tahun sebelumnya. Sebagian memang tercapai, tetapi belum sepenuhnya. Salah satu yang ku ingat tercapai yaitu bisa KKN di liburan semester genap. Mengapa? Karena dengan melaksanakan KKN tematik saat liburan, aku berkesempatan untuk lulus lebih cepat, yaitu 3 tahun 8 bulan. Hal ini pasti akan membuat ibuku bangga. * wish I get it fast * Tahun ini menurutku tidak terlalu menyenangkan, setelah resign dari tempat kerja sebelumnya, aku sempat bekerja sebagai staff administrasi di salah satu toko komputer di mall di bulan Januari-Februari. Cuma satu bulan? Iya, karena aku sibuk dan mall ini lumayan jauh dari rumahku, belum lagi masalah akademik kuliah yang harus aku selesaikan. FYI, sejak masuk kuliah, aku sudah kerja part-time . Ya lumayan bua

Friendship

    Ini teman-teman aku waktu SMA. Foto di atas adalah editan Leny Zulfa. Thanx for fotonya, Eren (Leny Zulfa, red ). Emang ada unsur-unsur Harry Potter-nya gitu, karena dia suka sama Harry Potter. Kelihatannya jadi klasik gimana gitu, aku suka banget sama foto ini. Soalnya, di foto ini yang masuk bukan hanya kelas 3 unggul, tapi semua orang yang pernah menginjakkan kaki di kelas unggul angkatanku. Kecuali Yogi, karena ada sesuatu dan lain hal (apa sih de?) . (¬_¬)      Kalo yang ini foto kelas, waktu kita baru masuk kelas 3 tahun 2008 lalu. FYI, foto ini masih ada di perpus SMA Negeri 5 Kota Jambi loh. :) Nice Picture, guys. Dari kiri ke kanan, atas ke bawah : Delima, Widi, Eva, Lia, Nelisa, Angie, Ridho, Icha, Rully, Friska, saya (^_^), Ika, Dina, Windri, Tatiana, Chellin, Lady, Riza, Dewi, Leny, Our Papi Mr. Sudarmono, Tiya', Evy, Gebi, Desti, Silvi, Taufik, Adek, Ardi, Anggiat, Candro, Winda, Ralpi, dan Sasa.      AUTIS itu singkatan dari Anak Unggul Tiga Ipa